Kondisi Kaki Cerminkan Kesehatan

Kaki termasuk dalam anggota tubuh yang bisa mencerminkan kondisi keseluruhan. Kaki yang selalu dingin misalnya, bisa disebabkan karena aliran darah yang buruk, sebuah gangguan sirkulasi akibat hipertensi atau hobi merokok.

Kerusakan saraf akibat diabetes yang tidak terkontrol juga bisa menyebabkan kaki terasa dingin. Penyebab lain adalah hipotiroid dan anemia.

Simak gangguan kesehatan lain yang bisa dilihat dari kaki:

- Nyeri kaki
Jika kaki terasa nyeri, mungkin Anda akan segera menyalahkan sepatu hak tinggi. Tetapi ada penyebab lain yang kurang disadari, yakni olahraga high impact yang terlalu intens seperti basket atau lari. Kondisi tulang yang rapuh akibat osteoporosis juga meningkatkan rasa nyerinya.

- Jari kaki merah, putih dan biru
Penyakit Raynaud bisa mmebuat jari-jari kaki berubah menjadi putih, kemudian kebiruan, dan kembali merah lagi. Penyebabnya adalah penyempitan di arteri yang disebut vasospasm. Penyakit ini juga terkait dengan artritis reumatoid atau gangguan tiroid.

- Perubahan cara berjalan
Terkadang gejala pertama yang kurang disadari adalah perubahan cara berjalan. Biasanya dipicu karena berkurangnya sensasi normal kaki secara perlahan akibat kerusakan saraf. Sekitar 30 persen kasus seperti ini akibat diabetes. Kerusakan saraf juga bisa diakibatkan oleh infeksi, kurang vitamin dan kecanduan alkohol.

- Perubahan jari kaki
Perubahan yang tampak misalnya kuku agak membulat di atas dan melengkung ke bawah. Penyakit paru sering menjadi penyebabnya, tetapi juga bisa dipicu penyakit jantung, liver, dan infeksi. Meski begitu ada pula yang merupakan faktor keturunan.

- Kaki bengkak
Biasanya dipicu karena berdiri terlalu lama atau terlalu banyak duduk seperti dalam pesawat jarak jauh. Namun jika kaki selalu bengkak bisa dicurigai adanya gangguan sirkulasi, gangguan limfa atau pembekuan darah.

- Kaki terasa terbakar
Sensasi rasa terbakar di kaki sering dialami pasien diabetes yang mengalami kerusakan saraf periferal. Bisa juga diakibatkan kekurangan vitamin B, penyakit ginjal kronik, atau hipotiroid.

- Borok susah sembuh
Borok di bagian kaki yang sulit sembuh adalah gejala utama diabetes.

- Nyeri di jempol
Penyakit asam urat atau gout sering menyebabkan rasa nyeri mendadak pada sendi kaki, disertai dengan bengkak dan kemerahan. Penyebab lain misalnya osteoartritis.

- Kaki gatal
Rasa gatal pada kulit bisa disebabkan karena penyakit kaki atlet, infeksi jamur yang sering menyerang pria usia 20-40 tahun.

- Jari kaki bengkok
Deformitas atau perubahan bentuk jari kaki paling banyak disebabkan karena sepatu yang sempit. Penyebab lain, meski jarang adalah gangguan saraf seperti diabetes.

- Kuku kaki menguning
Infeksi jamur bisa menyebabkan kuki kaki menjadi keras dan menguning. Bisa juga disebabkan oleh gangguan paru atau artritis rematoid.


kompas
Previous
Next Post »

->> Untuk melakukan komentar silahkan masuk ke akun e-mail Google/akun Google anda terlebih dahulu >> (https://mail.google.com/)
->> Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
->> Silahkan bertanya bila ada yang ingin di tanyakan.
->> Fitur-->> ConversionConversion EmoticonEmoticon