Tips Menjaga Mata Dari Radiasi Monitor - Layar Kerja

Tips Menjaga Mata Dari Radiasi Monitor

Laptop
Laptop/ Freepik

1. Atur tempat Anda bekerja dengan benar
Pastikan Anda tidak bekerja di ruangan gelap. Tempatkan komputer Anda di tempat yang sesuai, agar cahaya yang dihasilakn layar komputer tak mengganggu mata Anda.

Tentukan juga jarak optimal dari layar komputer untuk mata Anda. Ingatlah bahwa monitor harus berada sedikit di bawah pandangan mata. Miringkan layar agak jauh dari posisi Anda. Pastikan kontras monitor telah sesuai dan jaga layar Anda bersih dari debu dan cap jari.
Jika Anda tidak dapat melihat ikon pada layar atau simbol dalam teks dengan baik, buatlah tampilan tersebut lebih besar. Jangan paksa mata Anda untuk melihatnya.

2. Istirahat sejenak saat bekerja
Beristirahatlah sejenak saat menggunakan komputer. Penglihatan Anda lebih penting. Istirahat setiap satu atau setengah jam sekali. Semakin sering Anda beristirahat, semakin baik untuk kesehatan mata.

Sisakan 5 menit setiap 30 menit atau 10 menit untuk melihat sebuah objek yang jauh. Atau bangun lakukan gerakan ringan selama beberapa menit.

3. Lakukan senam mata khusus
Kedengarannya aneh dan rumit, namun sebenarnya cukup mudah dan tidak butuh waktu lama. Selain itu, Anda bisa melakukan latihan untuk mata mana pun Anda inginkan, termasuk tempat kerja Anda.

4. Lakukan gerakan palming
Teknik yoga ini dapat membantu sistem saraf rileks dan menjaga penglihatan. Gosokkan kedua telapak tangan hingga terasa hangat. Kemudian tutup mata dengan telapak tangan. Pastikan jari-jari Anda menyentuh dahi. Rasakan perasaan tenang dan pikirkan sesuatu yang membuat Anda bahagia ketika melakukannya. Tetap dalam posisi ini selama Anda bisa, waktu minimum melakukan gerakan ini adalah selama 30 detik.
Waktu optimalnya adalah 4 menit, tetapi jika masih membutuhknanya lakukanlah sesuka Anda.

5. Berkediplah lebih sering
Ketika orang memandang sesuatu termasuk monitor untuk waktu yang lama, mereka cenderung jarang berkedip. Hal ini dapat membuat mata kering dan iritasi. Jadi, berkedip lebih sering ketika Anda bekerja di depan komputer.

6. Gunakan obat tetes mata
Tetes mata mempunyai peran besar untuk membuat mata Anda basah, jika Anda lupa untuk berkedip dan mata Anda terlalu kering. Kunjungi dokter untuk menentukan tetes mata terbaik untuk Anda.
Tips-tips tersebut sangat membantu dalam melindungi mata ketika Anda bekerja di depan komputer. Namun tak ada salahnya jika Anda juga mengunjungi dokter, setidaknya sekali dalam enam bulan untuk memeriksa kesehatan mata Anda. Selamat mencoba. 

7. Gunakan Kacamata Anti Radiasi
Kacamata ini berfungsi untuk melindungi mata anda dari bahaya pancaran sinar radiasi komputer. Lensa anti radiasi ini memiliki sebuah lapisan khusus yang dirancang untuk menahan adanya sinar radiasi yang masuk ke mata, seperti dari radiasi sinar matahari/UV, layar komputer, smartphone, dll. Saat ini sudah banyak di jual kacamata anti radiasi di berbagai toko online dengan berbagai harga.
Comments


EmoticonEmoticon