Memasukan Fungsi Penjumlahan dan Rata Rata Dalam Ms.Access - Layar Kerja

Memasukan Fungsi Penjumlahan dan Rata Rata Dalam Ms.Access


<< Sebelumnya ( Pengertian dan Langkah Langkah Membuat Form Di ms access)

Perhatian..!: jika gambar kurang jelas,klik pada gambar untuk tayangan gambar lebih lebar.
 
       Untuk mempermudah melakukan penjumlahan “jumlah nilai” dan mencari  “rata rata” dalam Database dengan mudah tanpa harus anda jumlahkan sendiri.Anda dapat menggunakan fasilitas Ms.acess,yaitu “expression builder”  seperti yang akan saya bahas kali ini.

Inilah preview nya:

Pertama anda masuk dulu kedalam Desain Form: klik ikon view pada bawah Office Button→klik Design View.


       Setelah muncul tampilan Desain form,masuk kedalam Property sheet.caranya klik pada text box (gmbr.1) klik kanan→klik Properties. Atau klik text box(gmbr.1)→pada group tools klik Property sheet.

Untuk memasukan aritmatika kedalam text box, klik tanda  (pada no 2)

pada Controlsource.
(Lihat gambar.2).

 maka akan muncul jendela “expression builder” masukan rumus seperti di bawah ini:

=[MTK]+[IPA]+[B_Inggris]+[B_indonesia] 

Lihat gambar 3 dan 4.

Ket: masukan = pada awal rumus,tanda tambah + digunakan untuk menambahkan apa saja yang akan dijumlahkan. Misalnya saya akan menjumlahkan mtk,ipa,b.inggris,dan b,indonesia.maka rumusnya seperti di atas.

Untuk mencari field mana yang ingin anda tambahkan,anda dapat mencarinya dalam kotak expression builder yang tengah.





Setelah anda masukan data datanya klik ok.

Untuk mencari rata rata,caranya sama seperti mencari jumlah nilai.masuk pada jendela ”expression builder” lalu masukan rumus berikut.

Untuk mencari rata ratanya anda dapat memasukan rumus seperti berikut ini:

=[Jumlah nilai]/4





    Ket: jumlah nilai adalah field yang telah di buat penjumlahan dari rumus sebelumnya. /4 adalah pembagian atas 4 field untuk mencari rata rata,jika anda memiliki jumlah field lebih dari emat atau kurang ,anda dapat menyesuaikannya dengan jumlah field yang akan anda bagi.


Contoh: dalam penjumlahan saya tadi terdiri dari 4 field yaitu mtk,ipa,b.inggris dan b.indonesia. maka saya akan bagi dengan 4.untuk menghasilkan rata rata.

Setelah itu klik ok.save hasil editan anda.

Untuk melihat hasil nya silahkan anda  klik ikon view pada bawah Office Button→klik form view.


Selesai.
Maaf jika terdapat kesalahan dalam artikel ini,saya mohon kritik dan sarannya.

13 comments:

  1. thks, semoga bertambah ilmunya

    ReplyDelete
  2. Saya kx g, mudeng sama sekali Ɣªª ....bisa ajarin saya secara online email saya itakwijaya@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg ga mudeng dimananya sob? dalam memasukan rumus atau yg mana? maaf ane lagi sibuk ama tugas kuliah nih ga bisa ngajar online.

      Delete
  3. Suwun gan informasine,
    bisa gak digabungin dengan fungsi IF kaya di excel,
    saya ingin mebuat kategori, misal hasil nilai rata-rata 0-49= Gagal; 50-59=Kurang 60-74 = Cukup dst....

    ReplyDelete
  4. Kak kalau buat build event di form (MS Access 2013) gimana ya? Mohon petunjuknya dan jawaban tolong dikirim ke lyphy49@gmail.com yach.. Thanks

    ReplyDelete
  5. permisi... kalau untuk sesama currency sendiri bagaimana?? trims

    ReplyDelete
  6. Terima kasih, saya berhasil mencoba rumus yang anda share. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Maaf mas tolong bisa dijelaskan lagi mengenai cara memasukkan rumus jumlah nilai soalnya saya coba hasilnya selalu beda dengan hasil yang sudah saya jumlahkan dengan kalkulator
    terima kasih sebelumnya
    maaf mengganggu

    ReplyDelete
  8. cuman di report kenapa tidak tampil hasilnya

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon