Pengertian dan Langkah Langkah Membuat Tabel dengan Ms Access

Perhatian..!: jika gambar kurang jelas,klik pada gambar untuk tayangan gambar lebih lebar.

       Mc.Access memiliki beberapa object diantarannya Tables, Forms, Queries dan Reports. Keseluruhan object tersebut saling keterhubungan untuk menjalankan suatu database.


Pengertian  TABEL
 
     Tabel adalah tempat untuk menyimpan data. Data yang ada di dalam tabel dapat kita manipulasi, kita lakukan operasi-operasi dasar database, kita urutkan datanya (men-sort), memperbaiki data yang telah terkumpul dan lain-lain. Jadi, fungsi dari tabel sebenarnya adalah sebagai tempat untuk menampung/menyimpan data yang kemudian dapat kita olah/proses.untuk cara pembuatannya adalah sebagai berikut.



Langkah Langkah Pembuatan Tabel.

    Misalnya anda akan membuat sebuah basis data untuk menyimpan nilai nilai siswa di sebuah sekolah.anda dapat mengiuti langkah langkah berikut ini.

Buka Ms Access terlebih dahulu,klik Start→All Programs→­­Microsoft Office→Ms Access.

Setelah terbuka jendela Ms Access.anda dapat membuat basis data dengan cara mengklik Blank Database atau juga Ctrl+N.lalu berikan nama pada file name.



      Setelah muncul jendela seperti di bawah.Tutup tabel yang ditawarkan.biasanya namanya Table1,caranya klik kanan pada tab Table 1→Close all.



Selanjutnya buat tabel baru dengan cara  klik menu bar Create→Table Design.



       Setelah muncul jendela Table Design. Buat Field,dengan cara mengisi kolom Field Name,dan Data Type.Field Name diisi dengan nama field,atau kolom table yang ingin anda buat.DataType diisi dengan tipe datanya.

Misal: kolom tabel yang akan di buat pertama adalah Nama_Siswa.ketikan pada Field Name.lalu isikan tipe datanya ke Data Type, misal:type data untuk nama siswa adalah text.dst.

Setelah semua field dimasukan,maka akan tampak hasil seperti di bawah.




       Klik kembali pada awal field.seperti contoh diatas klik pada No_Siswa,lakukan klik kanan pada field tersebut dan→ klik Primary Key.atau anda juga bisa mengklik Filed No_Siswa →Lalu Klik Icon Kunci pada group Tools (Lihat gambar di atas).

 Field yang diberi identitas sebagai Primery Key akan otomatis tidak akan mempunyai data yang sama,atau istilah teknisnya disebut UNIQUE(data yang unik (data yang unik tidak pernah sama).

Tekan Tombol Ctrl+S untuk menyimpan tabel yang anda buat.


 

     Berikan nama pada tabel yang anda buat. Klik ok. Maka tabel yang anda buat telah selesai. Untuk melihat hasilnya klik ikon view pada bawah Office Button→klik Datasheet View.
 



Tabel sudah siap dan anda dapat langsung mengisinya sesuai yang anda perlukan.


Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
dedy halawa
admin
Monday, August 19, 2013 at 11:56:00 AM GMT+7 ×

thks ea posting na ne,moga bermanfaat bagi pembaca........

Reply
avatar

->> Untuk melakukan komentar silahkan masuk ke akun e-mail Google/akun Google anda terlebih dahulu >> (https://mail.google.com/)
->> Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
->> Silahkan bertanya bila ada yang ingin di tanyakan.
->> Fitur-->> ConversionConversion EmoticonEmoticon