Hadits tentang niat-Niat berpengaruh pada kegiatan kita

Hadits tentang niat
   Segala sesuatu yang akan kita kerjakan harus di sertai dengan niat.

Dari Amīr al-Mu’minīn, Abū Hafsh ‘Umar bin al-Khaththāb ra, dia menjelaskan bahwa dia mendengar Rasulullah SAW bersabda:
Hadits tentang niat 
Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) sesuai dengan niatnya. Barangsiapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa yang hijrahnya karena urusan dunia yang ingin digapainya atau karena seorang wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya sesuai dengan apa yang diniatkannya tersebut” (HR. al-Bukhāriy dan Muslim)
      sesungguhnya amal-amal bergantung kepada niat dan seseorang memperoleh apa yang diniatkan.

Definisi dan Hakikat Niat

    Niat adalah maksud atau keinginan kuat didalam hati untuk melakukan sesuatu. Dalam terminologi syar'i berarti adalah keinginan melakukan ketaatan kepada Allah dengan melaksanakan perbuatan atau meninggalkannya.
    Niat termasuk perbuatan hati maka tempanya adalah didalam hati, bahkan semua perbuatan yang hendak dilakukan oleh manusia, niatnya secara otomatis tertanam didalam hatinya.
Aspek niat itu ada 3 hal :
1) Diyakini dalam hati.
2) Diucapkan dengan lisan (tidak perlu keras sehingga dapat mengganggu orang lain atau bahkan menjadi riya.
3) Dilakukan dengan amal perbuatan.
      Dengan definisi niat yang seperti ini diharapkan orang Islam atau Muslim itu tidak hanya 'bicara saja' karena dengan berniat berati bersatu padunya antara hati, ucapan dan perbuatan. Niat baiknya seorang muslim itu tentu saja akan keluar dari hati yang khusyu dan tawadhu, ucapan yang baik dan santun, serta tindakan yang dipikirkan masak-masak dan tidak tergesa-gesa serta cermat. Karena dikatakan dalam suatu hadits Muhammad apabila yang diucapkan lain dengan yang diperbuat termasuk ciri-ciri orang yang munafik, Imam an-Nawawi berkata,
“Niat adalah fardhu, shalat tidak sah tanpanya”
Ibnul Mundzir , Syaikh Abu Hamid al-Isfirayini, Qadhi Abu ath-Thayyib, dan Muhammad bin Yahya dan lain-lainnya menukil ijma’ ulama bahwa “alat tidak sah tanpa niat.”
Jadi para ulama telah berijma’ bahwa shalat tanpa niat tidak sah, ijma’ ini berdasar kepada hadis yang disampaikan oleh Umar ibnul Khaththab radliallahu anhu berkata: Aku mendengar Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda :
“Amalan-amalan itu hanyalah tergantung dengan niatnya. Dan setiap orang hanyalah mendapatkan sesuai dengan apa yang dia niatkan. Maka siapa yang amalan hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya itu karena Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang ingin ia peroleh atau karena wanita yang ingin ia nikahi maka hijrahnya itu kepada apa yang dia tujukan/niatkan”.

  Dulu saya pernah mendengarkan ceramah di masjid.katanya niat itu adalah energi.
yang terdapat dalam tubuh kita.yang akan keluar jika kita memiliki tekad dan niat yang sungguh sungguh.
    makanya kalo orang sakit punya niat kuat ingin sembuh,pasti sembuhnya cepet.

  Saat kita berniat,energi yang tersimpan itu muncul dari cadangan makanan yang tak terduga dari kulit kita.hem??nga tau juga ane....

  tapi niat juga nga cukup.masa kita niat pengen sukses.tapinya kita malas malasan.atuh nga kesampean.

   Misalnya lagi. Niat berpengaruh pada kegiatan
Puasa Puasa nga sahur.eh plus nga niat... di yakin-ni pasti nga bakal ampe magrib dah.paling jam 12 udahan. minta di infus pake nasi....
nah kalo yang nga sahur tapi niat banget ngejalanin puasanya.... insya allah... nyampe magrib masih tetap fit....  :)

   Memang benar Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya. kalo udah niat dengan sungguh sungguh insya allah,hal yang dikerjakkan nga bakal susah deh.tapi mungkin beda cerita ma orang yang niat y cuma di mulut doankk.... :D

ingat ya,,, kalo mau ngelakuin sesuatu pake niat dulu.... 

gan ane niat pengen masuk perguruan tinggi yang ane idam idamkan....do'a in ya... :)


NB:kalo ada kesalahan tolong koment ya.. 
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Malik
admin
Wednesday, July 24, 2013 at 2:47:00 PM GMT+7 ×

Bisa jadi ilmu tambahan buat ane, thanks gan

aamiin...semoga diterima di perguruan tinggi yg diinginkan.

Semangat gan

Reply
avatar
Thursday, July 25, 2013 at 4:52:00 AM GMT+7 ×

@malik, sama sama gan....

wah,makasih ya...

sip....

Reply
avatar

->> Untuk melakukan komentar silahkan masuk ke akun e-mail Google/akun Google anda terlebih dahulu >> (https://mail.google.com/)
->> Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
->> Silahkan bertanya bila ada yang ingin di tanyakan.
->> Fitur-->> ConversionConversion EmoticonEmoticon