Membuat animasi sederhana di photoshop

assalamualaikum wr.wb

kali ini saya akan share tutorial bagaimana cara mudah membuat animasi sederhana menggunakkan photoshop. photoshop sebagai editor image ternyata juga bisa kita manfaatkan untuk membuat animasi 2d sederhana loh. tentu dengan berbagai kekurangannya. oke untuk para pecinta animasi yang ingin memulai animasinya, pertama tidak slah jika kita mencoba coba membuat animasi sederhana terlebih dahulu sebelum beranjak ke software yang lebih rumit. di tulisan saya kali ini saya akan memberika sedikit tutorial ber animasi di photoshop, mudah kok, ikuti aja tutor di bawah ini :

** klik gambar dibawah ini untuk tampilan lebih penuh

1. yang pasti anda sudah harus menginstal photoshop dulu ya, disni saya menggunakkan photoshop cs3


2.ketika anda sudah membuka aplikasi photoshop, pergilah ke tab window -) lalu aktifkan animation. maka akan mucul jendela kecil pada bawah tampilan photoshop.




3.pergi ke tab file -) lalu open atau tekan ctrl+o untuk membuka file bahan-1 dan awan, silahkan ambil bahanya : (klik kanan pada gambar lalu save image tau simpan gambar sebagai..)
   - bahan (pesawat)

 - awan



masukkan kedua bahan tersebut untuk di animasikan.



4.setelah kedua bahan dimasukkan,  lalu Drag gambar atau geser gambar pesawat ke dalam gambar awan. (klik kiri dan tahan pada mouse lalu geserkan ke dalam gambar awan)


5.setelah gambar pesawat menyatu dengan gambar awan, lalu close gambar pesawat tadi yang sudah tak digunakkan. pindahkan posisi pesawat pada sisi samping kiri gambar awan. lalu klik selected frame delay time lalu ubah ke posisi 0.5 second. setelah itu klik duplicates selected frames, lalu pindahkan pasawat ke posisi kanan gambar awan.


6.setelah memindahkan posisi peswat sekarang kita membuat agar motion pesawat lebih mulus, yaitu dengan meng klik tweens animation frames. lalu masukkan frames to add se banyak 10 ( terserah jika mau di sesuaikan keinginan, semakin banyak frame semakin halus) klik ok.



7.tekan plays animation. apakah sudah berhasil? oke jika berhasil, sekarang kita hanya perlu menyimpannya. menuju tab file -) save for web & device... atau tekan alt+shift+ctrl+s 



8. setelah muncul tampilan windows baru silahkan ganti optimized file format dari default (png) menjadi file format GIF ( Graphics Interchange Format (GIF) merupakan format grafis yang paling sering digunakan untuk keperluan desain website. GIF memiliki kombinasi warna lebih sedikit dibanding JPEG, namun mampu menyimpan grafis dengan latar belakang (background) transparan ataupun dalam bentuk animasi sederhana )
ohya disitu juga terdapat image size, dalam image size anda dapat megubah ukurannya sesuai keinginan.



hasil nya :

sekian tutorial dari saya kurang lebih saya minta maaf.
jika ada masalah silahkan berkomentar, malu bertanya sesat di jalan. hehe
Previous
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
Andriyatna
admin
Saturday, October 4, 2014 at 4:41:00 PM GMT+7 ×

boleh juga nih ilmu bikin animasinya Mas, seru kayaknya bikin animasi...

Reply
avatar
Sunday, October 5, 2014 at 10:17:00 AM GMT+7 ×

iya seru mas, coba aja... saya juga lagi belajar animasi nih, liat aja karya saya di tab blog ini, 3D modeling :)

Reply
avatar
Tuesday, October 7, 2014 at 12:23:00 PM GMT+7 ×

Jos bro, salurkan bakatmu mana tau bisa bekerja di bidang desain profesional

Reply
avatar

->> Untuk melakukan komentar silahkan masuk ke akun e-mail Google/akun Google anda terlebih dahulu >> (https://mail.google.com/)
->> Berkomentarlah dengan baik dan sopan.
->> Silahkan bertanya bila ada yang ingin di tanyakan.
->> Fitur-->> ConversionConversion EmoticonEmoticon