Ciri Ciri Penyimpangan Sosial - Layar Kerja

Ciri Ciri Penyimpangan Sosial

Penyimpangan sosial
Penyimpangan sosial
Dalam kehidupan masyarakat, semua tindakan yang dilakukan manusia dibatasi oleh aturan(norma) untuk berprilaku sesuai dengam sesuatu yang dianggap baik oleh masyarakat,

prilaku menyimpang adalah suatu perilaku yang diekspresikan oleh seseorang atau sekelompok orang dalam sebuah masyarakat yang disadari atau tidakdi sadari,

menurut paul B.Horton penyimpangan sosial memiliki ciri ciri sebagai berikut;

a. Penyimpangan harus dapat didefinisikan
Perilaku yang menyimpang ataupun tidak menyimpang harus dapat di nilai berdasarkan kriteria tertentu dan dapat diketahui penyebabnya, misalkan seorang remaja berkelahi, maka harus ada penilaian mengapa prilaku itu menyimpang, karena ia telah dewasa harusnya dapat berfikir dampak buruk maupun baik nya,

b. Penyimpanganbisa diterima maupun di tolak
Perilaku menyimpang tidak selamanya negatif,ada kalanya penyimpangan bisa diterima masyarakat, misalnya seorang ibu rumah tangga menjadi sopir angkot untuk memenuhi kebutuhanya,tak selayaknya seorang ibu menjadi sopir,tetapi ini dapat diterima oleh masyarakat karena ada beberapa alasan,sedang kan prilaku menyimpang yang ditolak oleh masyarakat seperti permpokkan.

c. Penyimpangan relatif dan penyimpangan

Semua orang pernah melakukan penyimpangan sosial,tetapi ada batasan batasan tertentu yang bersifat relatif untuk semua orang. dikatakan relatif karena perbedaanya hanya pada frekuensi dan kadar penyimpangan,jadi secara umum, penyimpangan yang dilakukan setiap orang cendrung relatif. bahkan orang yang telah melakukan penyimpangan mutlak lambat laun harus berkompromi dengan lingkungan nya.

d. Penyimpangan terhadap budaya nyata ataukah budaya ideal
Budaya ideal adalah segenap peraturan hukum yang berlaku dalam suatu kelompok masyarakat. akan tetapi pada kenyataannya tidak ada seorang pun yang patuh terhadap segenap peraturan resmi tersebut karena budaya nyata dengan budaya ideal selalu terjadi kesenjangan.artinya,peraturan yang telah menjadi pengetahuan umum dalam kenyataan kehidupan sehari hari cendrung banyak dilanggar.

e. Terdapat norma norma penghindaran dalam penyimpangan
Norma penghindaran adalah pola perbuatan yang dilakukan orang untuk memenuhi keinginan mereka,tanpa harus menentang nilai nilai tata kelakuan secara terbuka. jadi norma norma penghindaran merupakan bentuk penyimpangan perilaku yang bersifat setengah melembaga.

f. Penyimpangan sosial bersifat adaptif(menyesuaikan)
Penyimpangan sosial tidak selamanya menjad ancaman,karena kadang kadang dapat dianggap sebagai alat pemikiran stabilitas sosial.

5 comments:


EmoticonEmoticon