Tinggi Nada Pada Aat Musik di Pengaruhi Suhu - Layar Kerja

Tinggi Nada Pada Aat Musik di Pengaruhi Suhu

nada
claricesmithcenter.umd.edu 
Tau kah anda tinggi nada pada alat musik di pengaruhi oleh suhu?? dalam kehidupan sehari hari, anda tentu memahami bahwa jika anda menyetem gitar pada siang hari,maka pada malam harinya anda mendapatkan nada yang sedikit berbeda dengan yang anda harapkan.hal ini dapat disebabkan oleh perbedaan suhu udara yang terjadi.biasanya,suhu siang hari lebih tinggi dari pada suhu malam hari. perubahan suhu tersebut akan menyebabkan dawai memuai atau mengkerut sehingga tegangannya berubah.

Berubahnya tegangan dawai akan menyebabkan perubahan laju gelombang bunyidalam dawai itu,dan perubahan laju gelombang dalam dawai akan menyebabkan perubahan frekuensi bunyi yang di hasilkan.oleh karena itu,anda perlu menyetem selalu alat musik anda.

Karena adanya kemungkinan perubahan frekuensi akibat perubahan suhu tersebut,terkadang para musisi akan meyetem alat musiknya sebelum mereka akan konser untuk menghindari nada yang tidak sesuai.

Jika mereka hanya menyetem pada jauh hari sebelumnya kemungkinan tinggi nada yang diinginkan akan berubah dan berbeda dengan yang di harapkan. 

dari berbagai sumber

1 comment:


EmoticonEmoticon