Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri Berbeda - Layar Kerja

Fungsi Otak Kanan Dan Otak Kiri Berbeda

otak
Otak / sumber image google image
Otak kita dibagi menjadi dua bagian (hemisfer), yaitu otak kanan dan otak kiri dengan fungsi yang berbeda pula.

Kedua belahan otak bertanggung jawab secara bersilang silang, maksud bersilang disini adalah belahan otak kanan bertanggung jawab terhadap tubuh bagian kiri dan sebaliknya.


Otak kanan 
Otak kanan berfungsi dalam perkembangan EQ (emotional quotient), EQ ini  adalah kemampuan seseorang untuk menerima, mengelola, menilai, serta mengontrol emosi. Seperti halnya berfikit tentang persamaan, kreativitas,  khayalan (imajinasi),  emosi, musik dan warna, bentuk atau ruang, berpikir lateral (paralel), berpikir intuitif dan feeling, tidak terstruktur, dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu mendetail.

Otak kanan berfungsi dalam perkembangan EQ (emotional quotient) dan apabila terjadi suatu kerusakan otak kanan misalnya pada penyakit stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang akan terganggu adalah kemampuan visual dan emosi misalnya. 


Otak kiri 
Otak kiri berfungsi sebagai pengendali IQ (intelligence quotient) seperti hal perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan, analitis, matematis, sistematis, linear, rapi, tahap demi tahap, dan logika.

Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek atau disebut pula short term memory. Apabila otak kiri  terjadi kerusakan  maka akan terjadi gangguan dalam hal fungsi berbicara, berbicara dan matematika. 

Secara sederhana, otak bagian kanan merupakan tempatnya kreativitas dan spontanitas. Sedangkan otak bagian kiri adalah otak yang suka menganalisis dan bertindak dengan berbagai pertimbangan.

Dan juga dapat di artikan bahwa otak kanan berhubungan dengan perasaan sedangkan otak kiri berhubungan dengan logika. 


berbagai sumber.

1 comment:


EmoticonEmoticon