Belajar Secara Otodidak Adalah Keistimewaan - Layar Kerja

Belajar Secara Otodidak Adalah Keistimewaan

Dalam dunia ilmu pengetahuan, khususnya dalam dunia belajar, ada dua jenis cara belajar yaitu belajar dengan bimbingan dan satu lagi belajar dengan kemampuan sendiri, tanpa bimbingan. orang yang biasa mempelajari sesuatu biasanya disebut dengan orang otodidak

karya dan seni otodidak
.


kata otodidak berasal dari bahasa Yunani yaitu autodidaktos yang artinya belajar sendiri. orang otodidak gak membutuhkan figur seorang pembimbing untuk mempelajari satu hal. tanpa bantuan dari orang lain orang otodidak mampu mempelajari hal-hal dasar dari ilmu yang sedang mereka pelajari. yang menariknya dari orang otodidak, karena mereka mampu mempelajari sesuatu dengan baik dan dibarengi oleh prakteknya, sebagian dari mereka mampu mengungguli kemampuan orang yang belajar ilmu yang sama dengan cara dibimbing.


bidang yang paling banyak dihuni sama orang-orang otodidak ini adalah bidang seni, sastra, kerajinan tangan, pokoknya bidang-bidang yang menghasilkan sebuah karya seperti bermusik dan akting juga termasuk.

kemampuan otodidak ini bisa gue bilang amat sangat luar biasa, tapi walaupun luar biasa gak berarti tanpa kekurangan. diantara kekurangan yang paling banyak gue amati tentang orang otodidak adalah mereka cenderung sering bikin kesalahan, atau karya yang gagal. biasanya mereka lebih banyak melakukan kesalahan dibanding orang yang belajar dibawah bimbingan. hal kayak begini sebenernya bisa dimaklumin karena kita juga tahu orang otodidak belajar sesuatu dengan mempraktekannya, jadi wajar kalo banyak kesalahan, dan dari kesalahan itulah mereka belajar.

dulu orang otodidak itu dipandang sebelah mata, karena mereka dianggap orang-orang yang gak ngerti dasar keilmuwan, dan mereka dicap sebagai orang yang seenaknya mengeskplorasi ilmu pengetahuan atau seni. tapi belakangan ini eksistensi orang otodidak justru disegani. mereka dianggap orang-orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata dengan orang yang menekuni bidang yang sama dengannya, dengan bimbingan.

ciri-ciri orang otodidak:
apakah lo termasuk orang yang lebih suka dianggap sebagai otodidak ? berikut ini ciri yang erat dari orang otodidak:

Terbuka. orang otodidak cenderung terbuka dengan berbagai hal baru. mereka gak akan berusaha menyangkal hal-hal yang baru dan perubahan yang terjadi. justru mereka akan lebih menyikapi positif suatu perubahan. orang otodidak lebih suka jadi demokratis
Rasa ingin tahu yang besar. rasa ingin tahu keberadaannya sangat dekat dengan orang otodidak. melalui rasa ingin tahu inilah orang otodidak mempunyai ilmunya dan mampu mengembangkan ilmunya. rasa ingin tahu gak berkutat cuma di bidangnya doang, tapi segala hal yang menarik perhatian dia bisa amat sangat membuat orang otodidak sangat penasaran. saking dekatnya otodidak dengan rasa ingin tahu, jadi bisa dibilang kalo orang yang gak punya rasa ingin tahu yang lebih besar dari orang biasa, mereka gak bisa dibilang otodidak sejati
Kreatif. gak bisa dipungkiri lagi kreatifitas adalah tiang dari otodidak, dimana rasa ingin tahu adalah atapnya. orang otodidak gak terpengaruh sama ilmu pasti dan bimbingan. mereka juga gak pernah mengenal istilah pakem dalam satu bidang ilmu. kemampuannya dalam menggeksplorasi dan mengkombinasikan berbagai macam ilmu dalam satu bidang membuatnya terus bertahan menjadi orang otodidak di bidang ilmunya
Rela berkorban untuk hal yang disukai. kalo orang otodidak udah suka sama satu bidang ilmu, dia akan cenderung berkorban banyak hal. mulai dari berkorban materi untuk beli banyak buku sebagai referensi ilmu, sampai mengorbankan pikiran dan waktu untuk mencari sesuatu yang lebih dari hal atau ilmu yang dia minati
Biasanya cenderung gak matrealistis. orang otodidak mendapat ilmunya murni tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk suatu bimbingan. semuanya dipelajari oleh dirinya sendiri. ditambah lagi orang otodidak memiliki satu sifat khusus yaitu bangga kalo dirinya dianggap orang yang pintar karena mampu belajar sendiri tanpa bimbingan orang lain. oleh karena itu untuk mengakuisisi kalo dirinya adalah orang yang hebat, maka dia butuh pengakuan dari banyak orang. salah satunya dengan cara membagi ilmunya ke banyak orang dan mengakuisisi kalo dialah orang yang hebat di bidang itu, tanpa bimbingan siapapun.
beberapa ciri di atas mungkin hanya mencerminkan sebagian ciri orang otodidak. setiap orang otodidak memiliki ciri khas masing-masing yang unik. jadi gak bisa dipukul rata semua. tapi ciri-ciri di atas adalah gambaran umum dari orang otodidak.

Orang Otodidak Dalam Kehidupan Nyata
kalo lo mau liat kayak apa sih orang otodidak itu…coba lo liat sekitar lo aja dulu.  kebanyakan orang otodidak yang gw kenal itu adalah para pengusaha muda. mulai dari punya kedai kebab, ternak lele, bisnis kripik, dll kebanyakan orang otodidak. mereka gak dapet ilmu pasti tentang bisnisnya di sekolah manapun, they just do it !! lakuin apa yang mereka rasa benar sesuai insting mereka. kebanyakan dari pengusaha muda kuliner yang serba kreatif adalah orang otodidak.

pernah denger gak ada orang lulusan SMP tapi malah jadi manager ngalahin mahasiswa. coba renungkan bagaimana hebatnya menjadi otodidak dalam satu bidang kelimuwan daripada hanya sekedar mempelajarinya doang tanpa mempraktekan.


"Menjadi Otodidak bisa dikatakan suatu keistimewaan dalam kehidupan ,karena orang yang belajar dengan otodidak benar-benar memompa kemampuan dari dalam dirinya sendiri, Walau dengan Proses yang tidak sebentar dan sangat sulit.
Menjadi Otodidak bukan 100% menjadi yang terbaik tapi menjadi pribadi yang penuh kegigihan dan pandai mengoptimalkan potensi dari diri."



1 comment:

  1. Waa.. Nice Article!

    Ternyata kalau dipikir - pikir lagi kebanyakan pengusaha muda itu belajar otodidak ya, walau nggak menutup kemungkinan sih ada yang hasil bimbingan.

    Terima kasih untuk informasinya, Bang! :)

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon